Kamis, 29 Oktober 2015

G R A D U A T I O N day

Sesuai judul, sy kali ini bakalan ngebahas tntang graduation. Yup, my graduation. Baru aja, bulan oktober ini, tepatnya hari kamis tanggal 22 tahun 2015.

Perasaannya gimana waktu wisuda ? Jawabannya SENANG BANGEET.
Senang luar biasa. Akhirnya wisuda juga, setelah semua yang udah dilaluin ceilee puitiis bangeet zzzz, akhirnya kebayar juga, dengan wisuda.

Tahun ini alhamdulillah kami sekelas diwisuda bareng. Tapi ada satu orang yang nggk datang wisuda karena alasan keluarga, kawan sebangku aku. Sayang banget dia nggk bisa datang :'(

Tapi kalau diingat-ingat perjalanan sebelum wisuda yaampuun luar biasa kali rasanya.
Mulai dari nyusun TA, sidang, jilid TA, nyarik tanda tangan dosen, ngurus surat buat wisuda, hingga akhirnya wisuda. BERAAAT.

Mulai dari penyusunan TA.
Alhamdulillah dapat doping yang juga masuk ngajar di kelas. Dosennya kece, dekat ke murid, suka cerita, pintaar banget apalagi kal yang berhubungan sama finance. Wiih salut sama ibu itu. Kasi nilai baik banget, nggk peduli sama hasil, yang penting gimana cara si anak ini dapatin jawabannya benar nggk sesuai dengan rumus. Kalau salah pun jawabannya, kalau rumusnya benar, dibenarin sama ibu itu....enak banget pokoknya...nilai sama ibu itu amaan dan alhamdulillah sama ibu itu sy dapat A *goyangg*.

Ok back to topic.
Dimulailah proses penyusunan TA ditengah jadwal kuliah yang super padat. Semester 6, disitu nyusun TA, disitu CW, disitu mid test, test 3, final test and tugas. Rasanya WOW, DAEBAK.
Semua pada ngeluh gara-gara harus nyiapin TA, tapi dosen tetap ngasi tugas seabrek. Tapi yaa begitulaah. Nasib kamu masuk D3. Yaaa harus tahan. Mau nggk mau. Nggak boleh ngeluh. Jalanin aja.

Karena sy dapat doping mapel ALK yaa pastinya judul TA juga berhubungan sama analisis..yaaa judul sy analisis sumber dn penggunaan modl kerja. Kalau diliat dari judul siih gampang, nggk susah susah amat, pas ngeliat TA sebelumnya juga gampang, makanya waktu itu milih judul itu. Tapi, setelah dikerjaain tu TA. Ampuun. Stelah melewati beberapa revisi dari doping, malah jadi bingung sendiri sama judul sendiri.

Nggak tau laa yaaa..mungkin karena terlalu stress  gara-gara deadline dari jurusan yang TA harus siap minggu kesekian, kalau nggak yaaaudaah nggak usah wisuda loo...siapa nggak setres coba digituiin.

Gara-gara deadline TA, sy sampe harus nginap di kos kawan buat diskusi sama dia letak salah gw tuu dimana kok sampe sekarang belum di acc. Sampek-sampek tu folder TA di laptop dikasi nama "YaAllahtolongACCyaAllah". Asli itu betulan. Saking putus asanya belum dapat Acc padahal sidang tinggal bbrapa hari lagi.

Tapi sebenanrnya sih kesalahan di TA sy siih dikit, cuman nggak nyadar aja, makanya itu nggak di acc sama doping. Jadi itu di kesimpulan gw lupa narok rumusan masalh gw yg st lagi. Jadi kan di kesimpulan itu ditarok apa yang kita buat di rumusan masalah. Masalahnya yg gw tarok itu cmn 2 point doang di kesimpulan, seharusnya 3 point. Point ke tiga ini yang ilang di kesimpulan.
Pertama bingung letak salah itu dimana, pas dikasi tau-in sama doping nya kalau kesalahan kamu itu disini loo nak, kamu nggk ngejelasin di kesimpulan kalau kenapa ini bisa begitu. Jawaban yang keluar dr mulut gw OH. saking begonya nggak nyadar salah loo tu disitu. Itu gw ngasi draft TA gw sm teman gw. Gw ngasi nya langsung ke rumah ibu itu. Kawan gw yg udh gw bwt pening 7 keliling gara-gara diskusi sama gw bwt nyari tw d mana letak salah gw, sampe tebengong. OH . gtu juga jawabannya. Dia juga nggak kepikiran ke situ.
Tapi gara-gara itu, hampir semua bab gw rombak. Tapi alhmdulillah pas dikasi tau-in sama doping letak slahnya dimana, langsung tancap gas, nge print ulang bwt acc sama tanda tangan. Dan sanking buru-burunya, sampe jabatan doping  gw yang ada di surta kesediaan pendamping TA slah gw buat. Ampuunn.

Tapi sebenanrnya sebelum dapat acc dari doping 1, jadwal sidang udah keluar, aturannya sih belum, tapi ini udah keluar aja. Pas dengar kabar kalau jadwal sidang udah keluar, langsung hati ini  BEDEBAR kencang. Takut dapat yang pertama. Kalau sempat dapat yang pertama, kata pertama yang terlontar MATI KITA.
Dan betul aja, dapat hari pertama sidang nya.
Itu dunia kayak mau runtuh rasanya. TA belum siap, acc doping 1 aja belum, trus harus sidang hari pertama. OOOPPP langsung...air mata bercucuran dari kedua bola mata gw LEBAY.
Yaaa gimana nggak nangis coba kalau kek gtu kejadiannya. Itu posisi lagi di mushollah sambil nunggu kawan nengok pengumuman. Disitu gw juga lg smbil ngerjain revisi TA.
Langsung pas dengar kabar itu, berhenti ngerjain TA, melamun, and nangis. Ada juga kawan yang juga belum siap tapi sidangnya bntr lg. Jadilah kami nangis bedua. Kawan sekelas gw yang sm gw di mushollah, nennagin kami bedua, dan terakhir dia juga nggak tahan, dia ikutan nangis, jadilah nangis betiga..tambah dua orang lagi yang nangis udah jadi teletubies aja kami. WOHOHOHOHOOHO.

Yaah, nangis nggak bisa terus-terusan. Kalau nangis terus-terusan ntar nggak ada air mata buat nangisin Oppa oppa korea yang bakalan ikut wamil Nahlooo.
Udah siap nangis, yaaa ngerjain TA lagi. Yaaa besoknya atau lusa gitu, alhamdulillah di acc doping 1. Senangnya dalam hati :D

Udah siap acc doping 1, langsung telpon doping 2, nanyak posisi di mana, buat nyerahin draft TA ke ibu itu.
Sama ibu itu nggak lama-lama acc nya, karna kan sidang bntar lagi, jadi nggk bisa ditahan draft nya.
Yaudh di acc sama ibu dan nge print perbaikan yang di revisi sama ibu itu siap itu baru dh diserahin ke jurusan. Itu gw nyerahin sama jurusan pas penyerahan draft udah tutup. Yaudah jadilaa kita harus ngerayu-rayu orang di jurusan buat nerima draft kita biar bisa sidang besok, sampe-sampe sholat ashar pn telat.
Tapi bersyukur banget ibu itu mau nerima draft nya. Kalau nggak, nggak tau lagi mau bilang apa.

Sudah selesai ngasi draft Ta, tentu aja urusan belum siap bro. Masih harus ngurus undangan sidang.
Gw yang tadinya sidang jam 3 hari rabu atau kamis itu..lupa. harus datang pagi-pagi, buat foto copy draft yang udah di acc sama kedua doping buat dikasi sama penguji sidang. Sampe orang jurusan ada yang nanyak "Jam berapa sidangnya ?" "Jam 3 bang" "Looh kok udah datang aja" "iya bang nyari tanda tangan", abang itu hanya bisa geleng-geleng kepala.
Trus setelah lari kesana kemari, pake sepatu berhak sampek bikin kaki lecet. Itu asli lecet. Lecet nya lumayan banyak. Maklum nggak biasa pake sepatu yang berhak, jadi begitulaah. Maka dapatlah tanda tangan kajur sama wakil kajur buat undangan, dan asal tau, sebenanrnya undangan sih udah gw kasi ke doping yang bakalan jadi ketua sidang gw, tapi bego nya, tuu undangan nggak ada tanda tangan kajurnya. Yaa mungkin doping gw cmn bs geleng-geleng kpala di rumah. Yaampun itu malunya. Sanking paniknya sampe nggk sadar tuu undangan harus ada tanda tangannya.
Yaudh terakhir gw kasi lagi undangan yang ada tanda tangannya sm doping dn penguji gw.
Dan tb2 gw dpat kabar, kalau penguji 1 nggak bisa nguji kalau di atas jam sekian. Mati. Gw sidang jam 3, pastilaa ibu itu nggk bisa. Dengar kabar itu, lgsg tancap gas nemuin ibu it. Yaudh terakhir diganti sm dosen lain.

Yaah akhirnya selesai juga sidang, dapat nilai bagus, alhamdulillah senang banget, sampe nangis di dalam pas diumumin nilainya. Rasanya kok bisa dapat segitu yaaa, padahal kalau dipikir2 ntah apa-apa aja yang dijawab pas ditanyaa. Maklum laaaa pas sidang gw cmn ngapal dn baca sekilas TA gw. Alhasil TA yang dikerjaain sendiri, malah bingung sendiri pas ditanya.WAHAHAHHA...tapi nggak semua pertanyaan laa kayak gtu , cman sebagian aja pembelaan diri :D


Yaah sebenarnya sebelum sidang, pas malamnya itu nggk bisa tidur, karna deg degan, dan itu sebenanrnya tidur di kos kawan, rame-rame, sampe jebol kamar depan buat nampung kawan yang lain. Kocak laaa.
Tapi semua itu kebayar juga dengan nilai sidang yang baguussss :D

Yah udah siap sidang yaaa TA harus dijilid trus siap itu harus ditanda tangani sama penguji kajur, kep. prodi, sama ketua sidang.
Dan dimulailaa pencarian tanda tangan buat melengkapai TA. yang paling ingat tuu pas mau minta tanda tangan kepala prodi. Sampe sore gw nunggu bapak itu. Nunggu bapak itu di depan ruangannya sambil duduk-duduk lesehan di lantai, kayak gembel aja udah hahahhaaaa. Terus siap itu pas diperiksa ternyata ada yang salah di lembar pernyataan. Itu rasanya kayak petir nyambar kepala loo. DUUUAARRRRR. Pas pula harinya itu lagi hujan. Yaudh lengkap laaa hari looo. NGULANG. Congratulation to me.
Mau nangis rasanya lagi, tapi nggak mungkin, karena ada orang lain di dekat gw. Gengsi laaa yaa dong nangis :P

Yaa usaha dilanjutkan besok. Sampe sore juga nunggunya, sama teman sekelas yang kebetulan juga nyari tnda tanga bapak itu. Alhamdulillah dapat. Senang rasanya. Langsung minta tanda tangan kajur pas udah dapat tanda tangn kepala prodi.

Pas urusan dengan tanda tangan siap, dimulailaaa urusan mempersiapkan berkas-berkas buat wisuda.
Wisuda dua hari lagi, tapi tanda tangan yang diperluin belum komplit. Sempat pesimis, bisa nggak nii ya wisuda bareng kita, atau aku nggak wisuda. Gtu pertama mikirnya. Tapi yaaa kawan bilang bisa kok kita wisuda bareng. Yaudh semangat lagi.
Ok pas tinggal satu hari lagi sebelum tanggal terakhir dftr wisuda. Itu rasanya berat. Dari pagi sampe sore di kampus. Karena besoknya gw nggk bisa ngampus, jadi mau nggk mau hari ini harus siap semuanya.
Tapi mungkin yaaaa belum dikehendaki sama Allah, kalau hari itu gw dftar wisuda. Sempat dua kali gw sm kwn kecolongan waktu. Berkas yang harusnya udh bisa diambil, tapi nggak kita ambil-ambil. Gara-gara itu kita kecolongan waktu. Terus foto copy yang telah diambil, jadinya telat mnta stempel ke jurusan.  Yaahh luar biasa kalau dipikir-pikir hari itu. Bulak balik gedung Q ke gedung Z. Asli bisa kurus kita gara2 mondar-mandir dua gedung itu. Tapi terakhir selesai juga. Senangnya. Alhamdulillah.


Bisa juga bareng wisuda. Senang kali rasanya.
Dan pas hari wisuda. Asli it gw terlmbt. Acara dimulai jam 7 gw nyampek jam 7 lewt. Mana duduk pas dpat di depan. Malu kali rasanya kalau terlambat. Diliatin orang. Tapi rupanya, acaranya belum dimulai. Syukur. Nggak jadi malu :P.
Terus jadi deh kita foto-foto sama teman, tapi ada teman yang nggaj jumpa padahal udah janjian mau jumpa. Yaah mau gmana lagi. Keadaan tidak memungkinkan.
Dan sayangnya juga, nggak bisa foto sekelas. Padahal di saat saat terakhir pingin kali foto bareng sekelas pakek toga. Wiiihhhh senangnya kal kejadian. Tapi jarang wisda bs jmpa lagi sama teman sekelas, krna masing-masing sibuk sama keluarganya. Tapi yaa sudahlaaa. Dilain waktu mungkin bisa ketemu lagi.

Kayak gitulaa cerita wisda sy. Mungkin kepanjangan, tapi serius yaaa, kalau dengar cerita lgsg dr gw, pasti nggk terasa panjang. Soalnya ceritanya psti bakalan seru, krna gw bkal mukul lwn bcara gw, refleks, krna sanking seru nya Wehehehehehe :P

Oiya satu lagi. Dulu gw pnya mimpi, gw hrs dapat cumlaude. Kenapa ? Karena gw aslinya nggk suka sama jrsan gw yg skrg ini. Tapi setelah denger pengalaman dari salah satu kakak alumni, bkan jrsan gw sih, jrsam lain, di mushollah pas acara keputrian, gw jd sadar, apa yang kita punya sekarang ini, itulah yang terbaik buat kita. Jangan menyesal ketika di akhir. Dan karena itu, gw jadi termotivasi bwt dpt IP cumlaude, dan alhamdulillah sy dapat IP cumlaude. Sy terima kasih banget buat kakak itu. Dan sekarang gw suka banget sm jurusan gw ini, dn gara2 dosen audit gw, gw jadi pingin auditor suatu hari nanti :D Amin  yaAllah.

Yuup sekian dulu
Bye *wave*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar